Tips Logistik Jadi Penjual Yang Cerdik

by adminlogistik
0 comment

Sebagai pengusaha UMKM, penjual harus mengetahui pentingnya manajemen logistik karena berkaitan langsung dengan alur produksi perusahaan. Contoh, saat usaha kehabisan stok untuk produksi sedangkan pengiriman bahan masih beberapa hari. Perusahaan dengan manajemen logistik yang efisien dapat menjaga alur produksi tidak terhambat dalam kondisi seperti itu. Nah, buat kamu yang mau usahanya berjalan dengan lancar simak tips cerdik ini yuk!


1. Buat Perencanaan yang Baik

Manajemen logistik yang efisien diawali dari perencanaan yang baik. Meskipun banyak kejadian-kejadian yang diluar rencana datang, adanya perencanaan dapat mengurangi jumlah pengambilan keputusan yang bersifat luar biasa. Apabila perencanaan yang dibuat sejak awal sudah baik, maka akan kecil kemungkinan perusahaan untuk kehabisan stok bahan baku.

2.Susun Perencanaan Cadangan

Setelah perencanaan utama dibuat, pengusaha UMKM yang pandai dalam logistik perlu membuat rencana cadangan. Pengusaha harus selalu melakukan pengawasan pada setiap distribusi logistik agar masalah yang timbul dapat dideteksi dan diselesaikan sebelum semakin besar.

3. Gunakan Sistem yang Terotomatisasi

Sistem yang terotomatisasi dapat mengurangi adanya kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh bias atau human error. Pengusaha UMKM yang cerdik pasti melakukan cara ini agar pengiriman selalu tercatat oleh sistem. Selain itu, pendeteksian masalah serta penyelesaiannya juga menjadi lebih muda dilakukan.

4. Lakukan Evaluasi

Masalah yang timbul dalam sistem distribusi perlu dilakukan evaluasi agar dapat dihindari di periode mendatang. Diperlukan diskusi serta pendapat dari tim logistik agar sumber masalah dapat ditemukan. Dengan demikian, di pengiriman yang akan dapat dapat lebih tersusun dan tidak terulang lagi.

Hal-hal di atas perlu dicatat agar usahamu dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya efisiensi, usahamu juga akan mampu menghemat biaya, waktu, serta tenaga. Seluruh kegiatan usahamu seperti produksi agar menjadi lancar dan mampu mencapai target yang ditentukan. Oleh karena itu, selalu ingat 4 hal agar kamu menjadi penjual yang cerdik ya!

Related Posts

Leave a Comment