Manfaat Digital Marketing Untuk UMKM

by adminlogistik
0 comment

Banyak pelaku UMKM kebingungan karena belum memahami fungsi
dari digital marketing. Kalaupun tidak, banyak pula yang masih
memandang sebelah mata. Faktanya, internet saat ini sangat mudah
diakses. Semua orang hampir menggunakan smartphone untuk kehidupan
sehari-harinya.

Digital marketing atau pemasaran secara digital memiliki kesempatan
besar untuk memberi para UMKM keuntungan. Digital marketing telah
meninggalkan jauh pemasaran konvensional yang justru banyak
membutuhkan biaya dan waktu. Meskipun mampu dilakukan, namun
pemasaran digital jelas menjadi sesuatu yang tidak boleh diabaikan oleh
UMKM. Apakah digital marketing lebih rumit? Justru digital marketing
memberikan siapa saja kemudahan untuk memasarkan produk atau
pelayannya. Apa saja manfaat digital marketing untuk UMKM? Mari kita
simak.

  • Memudahkan Interaksi dengan Konsumen Secara Online

Dahulu, orang harus mencari media cetak untuk mendapatkan
informasi produk atau layanan yang dibutuhkan. Sekarang, siapapun
bisa mengakses informasi secara online. Bagi UMKM, tidak perlu lagi
mendatangi konsumen, cukup mengoptimalkan akun-akun media
sosial untuk menjadi media promosi Anda secara gratis.

  • Meningkatkan Konversi

Kanal-kanal pemasaran digital yang tersedia membuat pelaku
UMKM menjangkau target audiens dimanapun mereka berada. Jika
Anda sudah memiliki website, Anda dapat menawarkan produk atau
layanan Anda lebih jelas dan baik. Apa yang dimaksud dengan
konsumen tertarget? Mereka yang mencari produk UMKM melalui
search engine (mesin pencari). Konsumen selalu menggunakan
mesin pencari atau akun-akun media sosial UMKM Anda untuk
membeli produk atau layanan yang mereka butuhkan.

  • Membantu UMKM Siap Bersaing

Kemajuan teknologi dan maraknya akun-akun media sosial
yang digunakan untuk berbisnis dianggap menjadi peluang bagi para
pengusaha yang menawarkan produk mereka. Melalui website atau
blog yang baik dan jelas, posisi UMKM Anda tetap dalam kondisi
yang siap bersaing.

  • Menghemat Biaya Pemasaran

Jika Anda membandingkan biaya marketing konvensional
dengan digital marketing, maka akan terlihat jelas bahwa digital
marketing tidak hanya menghemat biaya namun menghemat waktu
Anda. Digital marketing juga membantu Anda menyediakan konten
yang tepat seperti detail produk yang jelas. Dengan menunjukkan
manfaatnya, calon konsumen tentu akan tertarik dan menggunakan
produk atau jasa Anda. Anda juga bisa meyakinkan calon konsumen

dengan menyediakan konten testimoni pada akun media sosial atau
website UMKM Anda.

  • Meningkatkan Laba Bersih

Digital marketing memudahkan Anda untuk mendapatkan
konsumen baru, tentunya laba Anda juga akan meningkat. Selain itu,
Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk beriklan
secara tradisional. Jika biaya pemasaran bisa dihemat, Anda tidak
perlu menyisihkan biaya untuk transportasi guna menemui calon
konsumen untuk memperkenalkan produk Anda.

  • Membantu UMKM Bersiap untuk Era Internet of Things

Apakah Era Internet of Things? Ini adalah era dimana gadget dan
smartphone menjadi satu ekosistem. Ekosistem online ini lah yang
akan menjadi kolam bagi UMKM dari berbagai tingkat untuk
menjaring konsumennya. Jika tidak selalu berinovasi dan meningkat
kualitas, maka tidak mungkin bersaing secara offline atau online.
Diperlukan konten teks, foto, dan video untuk memancing konsumen
dan calon konsumen.

Related Posts

Leave a Comment