Fakta Fakta Tentang Logistik yang Mungkin Belum Anda Ketahui

by adminlogistik
0 comment

Definisi logistik adalah proses perencanaan, implementasi dan pengendalian pergerakan barang untuk menyimpan barang dengan efisien. Istilah logistik yang paling mendasar lainnya adalah membawa barang ke tempat yang dibutuhkan. Terdengar mudah bukan? Kebenarannya adalah rantai logistik global terus semakin meningkat dan kompleks dari pengertian dasarnya.

Dengan tidak adanya logistik, penyimpanan barang akan tidak efisien, harga pengiriman yang tidak konsisten, dan tanpa tracking pengiriman yang jelas. Oleh karena itu, logistik harus dikelola dengan baik untuk menjawab permasalahan tersebut. Tetapi, apakah Anda tahu fakta- fakta menarik tentang logistik? Berikut adalah fakta singkat logistik yang mungkin belum Anda ketahui:

  1. Logistik adalah salah satu industri terbesar di dunia.
  2. Truk mengangkut barang-barang manufaktur senilai $671 miliar setiap tahunnya.
  3. Industri logistik sebenarnya terdiri dari enam sektor yang berbeda: Transportasi darat, kereta api, penerbangan, maritim, pergudangan, dan penyimpanan.
  4. Perusahaan yang melakukan outsourcing logistik mengurangi biaya pengiriman rata-rata sekitar 13%.
  5. Lebih dari 90% perusahaan logistik percaya bahwa kunci keberhasilan adalah komunikasi, fleksibilitas, dan keterbukaan.
  6. Perusahaan logistik pihak ketiga memiliki jaringan sumber daya yang luas yang memungkinkan mereka untuk mengeksekusi setiap langkah dalam rantai pasokan dengan cara yang efisien dan hemat biaya.
  7. Bisnis melaporkan bahwa alasan utama outsourcing logistik adalah fleksibilitas; perusahaan logistik pihak ketiga memiliki kemampuan untuk skala ruang, tenaga kerja dan transportasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  8. Dengan outsourcing logistik, bisnis mendapat manfaat dari investasi dalam teknologi baru untuk transportasi dan pengiriman tanpa mengorbankan modal mereka sendiri.
  9. Logistik sebenarnya memiliki dua arah fokus utama, internal dan eksternal (inbound dan outbound), meskipun sebagian besar perusahaan hanya fokus pada satu.

Related Posts

Leave a Comment