Peranan UMKM, Penggerak Sektor Ekonomi Indonesia

by adminlogistik
0 comment

Kehadiran para pelaku di usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah bagian penting dalam perekonomian di Indonesia karena menjadi salah satu penggerak ekonomi terbesar. Oleh karena itu, kekuatan UMKM tidak boleh dipandang sebelah mata. Inovasi dan pengembangan harus menyasar pada UMKM.

Perhatian tinggi yang diberikan pada pelaku UMKM tidak lain sebagai wujud pemerintah dalam menyangga ekonomi rakyat menengah kebawah. UMKM mampu memberikan dampak langsung terhadap kehidupan masyarakat. Setidaknya ada 3 peran UMKM yang sangat penting kehidupan:

  • Sarana Mengentaskan Masyarakat dari Kemiskinan

Peran UMKM pertama adalah sebagai sarana mengentaskan masyarakat dari kemiskinan. Hal ini terbukti dalam data milik Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2011. Dijelaskan bahwa lebih dari 55,2 juta unit UMKM mampu menyerap sekitar 101,7 juta orang. Angka tersebut meningkat sekitar 57,8 juta unit UMKM dengan jumlah tenaga kerja mencapai 114 juta orang.

  • Meratakan Tingkat Perekonomian Masyarakat Menengah Kebawah 

UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam pemerataan ekonomi masyarakat. Keberadaan UMKM di 34 provinsi yang ada di INdonesia tersebut memperkecil jurang ekonomi antara yang menengah kebawah dengan menengah ke atas. Lalu, masyarakat menengah ke bawah tidak perlu ramai datang ke kota untuk memperoleh kehidupan yang layak.

  • Memberikan Masukan Untuk Negara

Peran UMKM lainnya adalah memberikan pemasukan bagi negara dalam bentuk devisa. Saat ini, UMKM Indonesia sudah sangat maju dan pangsa pasarnya tidak hanya skala nasional tapi internasional. Data dari Kementerian Koperasi dan UMKM di tahun 2017 menunjukkan tingginya devisa negara dari pada pelaku UMKM, angkanya mencapai Rp 88,45 miliar. Angka ini mengalami kenaikan sampai delapan kali lipat dibandingkan tahun 2016.

Leave a Comment