Strategi Mengoptimalkan Manajemen Transportasi Dalam Bisnis Jasa Pengiriman

by adminlogistik
0 comment

Manajemen transportasi adalah aspek krusial dalam bisnis jasa pengiriman. Bisnis Anda tidak akan beroperasi tanpa transportasi. Mengelola manajemen transportasi melibatkan berbagai aspek seperti back office, analisis keuangan, dan penggunaan perangkat lunak. Untuk membantu mengoptimalkan pengelolaan transportasi dalam bisnis logistik, #PandaiLogistik akan membuat strategi untuk Anda:

  • Lakukan Evaluasi

Anda perlu melakukan evaluasi manajemen transportasi untuk mengetahui aspek-aspek yang memerlukan peningkatan seperti evaluasi kinerja kurir, kondisi kendaraan, rute pengiriman dan lain-lain. Evaluasi ini memudahkan Anda mengoptimalkan efisiensi. Selanjutnya, analisis kembali metode pengiriman yang Anda lakukan, apakah metode itu sudah efektif dan menguntungkan atau belum. Cari tahu apa saja yang paling sering dikeluhkan oleh pelanggan Anda dengan membuat survei kepuasaan pelanggan.

  • Membuat Koordinasi yang Baik pada Setiap Tim

Kurir dan back office harus memiliki sistem dan koordinasi yang baik. Untuk meningkatkan kolaborasi tim penjualan, pemasaran, customer service, logistik dan kurir, Anda harus memiliki sistem yang dapat memungkinkan seluruh tim untuk dapat saling berbagi informasi. Sistem ERP menyediakan kemudahan itu, sistem tersebut memudahkan tim penjualan mendapatkan informasi lengkap mengenai klien tanpa harus menemui tim pemasaran secara langsung. Tim logistik dapat mengetahui permintaan tim pemasaran secara langsung. Tim logistik dapat mengetahui permintaan pengiriman tanpa harus menanyakan langsung pada tim penjualan. Lalu, kurir Anda juga dapat mengakses informasi terkait pengiriman melalui sistem.

  • Berikan Nilai Tambah Pada Layanan Anda

Tentunya, banyak persaingan bisnis di bisnis yang Anda geluti sekarang ini, dan mereka berlomba-lomba untuk meningkatkan layanan untuk pelanggan. Anda perlu mencari tahu nilai tambah apa yang dapat Anda berikan untuk pelayanan Anda. Anda dapat memberikan manfaat-manfaat lain seperti pengiriman privat, prioritas pengiriman, pilihan jenis transportasi dan durasi pengiriman yang lebih beragam.

  • Lakukan Pengecekan Rutin

Manajemen transportasi tentunya harus dilakukan pemeliharaan berkala. Pemeliharaan ini penting agar bisnis Anda tetap berjalan dengan baik dan mencegah transportasi Anda sehingga masa pemakaian menjadi lebih panjang. Transportasi adalah aset yang sangat berharga untuk bisnis Anda. Jadi penting untuk melakukan inspeksi dan perawatan secara konsisten. Untuk memudahkan hal ini, pertimbangkan untuk menggunakan sistem manajemen aset untuk menjadwalkan perawatan, pengecekan, menugaskan tim inspeksi, dan melihat riwayat kondisi seluruh transportasi Anda.

Related Posts

Leave a Comment